mesin jahit rumah tangga dan industri
Ketepatan mesin berpengaruh pada hasil jahitan

Pemeliharaan mesin jahit dapat didefinisikan sebagai aktivitas Untuk memelihara dan merawat mesin jahit dengan cara melakukan tindakan perbaikan penyesuaian ataupun penggantian komponen di dalamnya.
Mesin jahit yang setiap hari kita gunakan semakin lama akan mengalami penurunan kinerjanya oleh karena itu harus selalu dirawat dan dibersihkan agar tahan lama dan maksimal jangka waktu pemakaiannya.
Adapun tujuan pemeliharaan mesin jahit adalah untuk mencegah atau menghindari terjadinya kerusakan yang tidak terencana. Selain itu juga untuk memaksimalkan umur pemakaian dari mesin jahit tersebut.

Berikut adalah jenis pemeliharaan mesin jahit.
1. Perawatan Preventif
. Perawatan rutin
Kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan setiap hari hal ini meliputi kebersihan dan ketertiban penggunaan alat contohnya membersihkan debu dari serpihan kain memberikan minyak pada mesin menutup bagian kepala mesin dan lain-lainnya kita juga harus menjaga agar mesin tidak berkarat dengan cara meletakkan kain diantara gigi dan sepatu mesin
. Perawatan periodik
Perawatan periodik adalah kegiatan pemeliharaan dan perawatan alat yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu untuk meningkatkan kinerja mesin hal ini meliputi penyediaan mur dan baut roda gigi mesin dan komponen lainnya dan pengontrolan serta pengisian minyak dan oli mesin.
2. Perawatan insidental
Perawatan insidental biasa juga disebut dengan perawatan korektif yaitu peralatan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan pada mesin jahit sering juga dikenal sebagai perbaikan atau regulasi umumnya perawatan ini meliputi perbaikan atau penggantian sparepart yang rusak pada bagian-bagian mesin peralatan mesin insidental ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau teknisi yang kompeten di bidangnya.
Alat dan bahan untuk perawatan mesin
Sebelum kita melakukan perawatan ada baiknya disiapkan terlebih dahulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
Beberapa alat dan bahan yang wajib disediakan sebelum kita melakukan perawatan antara lain: mesin jahit dan komponennya. alat pembersih seperti kuas atau lap, obeng, kertas koran, alat tulis, minyak mesin,dan manual book.

Beberapa kerusakan mesin yang sering terjadi
1. Kerusakan ringan
Kerusakan walaupun tidak tidak parah atau kerusakan kecil biasanya bisa diperbaiki sendiri tanpa bantuan teknisi ataupun ahli mesin misalnya benang jahit atas dan bawah yang sering putus kain yang tidak jalan saat dijahit setikan yang tidak normal, renggang, terlalu rapat, tidak seimbang antara atas bawah, dan lain sebagainya.

2. Kerusakan berat

kerusakan berat biasanya membutuhkan bantuan teknisi mesin. biasanya berhubungan kinerja mesin jahit.
a. Mesin

– mesin jahit macet

bisa jadi disebabkan karena ada benang yang menyangkut di needlehook (batang jarum). cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan benang dan buka tuttup skoci.
  • Putar hand wheel atau kepala putar mesin dengan gerakan maju mundur menggunakan tangan.
  • Ambil dan bersihkan benang yang kusut dan menyangkut di daerah skoci dan batang jarum.

– Mesin jahit berisik

suara berisik dari mesin jahit saat digunakan adalah karena minyak yang kurang sehingga tidak sampai batang jarum. dan akan menyebabkan suara berisik apabila kita gunakan.

langkah memperbaiki adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan batang jarum dari sisa minyak, baru bisa diteteskan minyak baru.
  • Berilah minyak pelumas pada bagian mesin jahit ayng menimbulkan gesekan untuk meminimalisir suara gesekan yang terjadi saat mesin digunakan.
  • jika penyebab suara berisik disebabkan oleh suara jarum, sebaiknya segera ganti dengan jarum yang baru. karena kemungkinan jarum sudah tumpul. jangan lypa gantilah jarum sesuai ukuran yang dibutuhkan dan jarum mesin jahit yang memiliki kualitas yang bagus.

b. Setikan mesin

Beberapa permasalahan yang terjadi dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

– Tegangan benang terlalu kencang
Hasil stiker mesin tertarik pada bagian atas akan menyebabkan hasil stikan tertarik.
Cara memperbaikinya dengan memperbaiki sekoci keluarkan sekoci dari rumah sekoci lalu keluarkan spul benang selanjutnya kencangkan baut sekoci atau putar baut ke arah kiri. Pastikan tegangan benang antara benang atas dan benang bawah seimbang-tegangan benang terlalu kendur
Ini adalah kebalikan dari masalah pertama pada setikan mesin untuk memperbaiki hasil stiker mesin seperti ini dengan memperbaiki sekoci caranya hampir sama dengan di atas keluarkan sekoci dari rumah sekoci dan keluarkan spul benang selanjutnya kendurkan baut sekoci atau putar baut ke arah kanan.

– Tegangan benang terlalu kendur

hal ini adalah kebalikan dari kendala pertama. cara untuk mengatasinya adalah dengan memeperbaiki sekoci.

keluarkan skoci dari rumah skoci dan keluarkan spull benang. lalu kendurkan baut skoci dengan car putar baut kearah kanan.

Hasil jahitan loncat
Hasil stikan pada mesin yang loncat-loncat bisa disebabkan adanya masalah pada bagian jarum mesin dan tegangan benang.

Berikut cara untuk mengatasinya,

  • Periksa jenis jarum yang dipakai pastikan jenis dan ukurannya sesuai dengan tipe mesin jahit nomor jarum jahit yang terlalu kecil akan menyebabkan kesulitan loncat-loncat
  • Periksa keadaan jarum apakah patah bengkok atau tumpul segeralah mengganti dengan jarum baru yang berkualitas baik.
  • Periksa letak jarum apakah sudah dipasang dengan baik dan benar sesuai letaknya.
  • Jika kondisi jarum sudah baik tapi ketika masih loncat-loncat ada kemungkinan tegangan benang atas terlalu kencang atau pemasangan benang atas yang tidak sesuai jalur benangnya.
  • Apabila masalah masih tetap terjadi periksalah tekanan suatu mesin ke bahan kemungkinan kurang kencang atau tegangan benang yang kurang seimbang.

– Benang atas mudah putus

Kualitas benang yang kurang bagus, umumnya menyebabka benang mudah putus Untuk itu pastikan membeli benan berkualitas bagus. Berikut ini adalah beberapa penyebab benar mudah putus

  • Ukuran jarum yang digunakan kurang tepat.
  • Pemasangan jarum yang tidak benar.
  • Jalur benang bawah tidak sempurna melewati rumah sekoci.
  • Jalannya mesin jahit terlalu cepat. Untuk itu usahakan saat menjahit jangan terlalu cepat.

Tensi benang atas terlalu kencang.

Untuk mengatasi masalah benang yang mudah putus, cara berikut ini

a) Periksa apakah ada benang yang tersangkut di batang, in atau sekoci. Jika ada segera bersihkan agar mesin jahe segera berfungsi dengan normal

b) Pastikan hanya memakai benang berkualitas bagus. Cr adalah warnanya cerah/ tidak kusam, tidak mudah putus ditarik dengan tangan, tidak banyak serat halus yang keluar benang.

– Benang pada spul mudah putus

Beberapa penyebab benang spul mudah putus ad penggulungar benang yang kurang rata atau pemasangan pada sekoci kurang tepat Untuk mengatasinya, keluarkan spuld dalam sekoci, lalu pasang kembali dengan benar

– Benang tidak terkait dengan baik/brudul

Masalah ini timbul sebagai akibat dari pemasangan benang yang tidak benar, kualitas benang yang tidak bagus, serta tegang benang yang terlalu kencang atau kendur

c. Jarum mudah patah

Jarum yang mudah patah bisa disebabkan oleh beberapa fa Di antaranya adalah kualitas jarum yang kurang baik, pemasang yang tidak tepat, jarum membentur sepatu, needle plate, atau se Pada saat memasang sekoci pada rumah sekoci, usahakan memasangnya dengan benar

Patahnya jarum juga bisa juga disebabkan karena terjad penumpukan bahan yang dijahit sehingga bahan menjadi terlalu sementara jarum yang digunakan terlalu kecil. Selain itu juga disebabkan karena saat menjahit, bahan atau kain ditarik Untuk hindari menarik bahan saat menjahit.

Untuk mengatasi agar jarum tidak mudah patah, lakukan

berikut.

  • Pastikan memakai jarum berkualitas bagus
  • Pasang jarum sesuai petunjuk pada buku pedoman.
  • Pastikan pemasangan sepatu, needle plate, dan sekoci sudah benar.

jadi apa masalah mesinmu sekarang? semoga dapat teratasi dengan artikel diatas ya. Selamat mencoba.

0
Rumah Jahit Afuzu

ditulis oleh

Rumah Jahit Afuzu

I'm not a master, but an ordinary people who loves sew, donut and chocolate