Seperti yang kita ketahui saat ini dunia fashion berkembang dengan cepat. meski banyak orang percaya mode adalah sebuah perulangan, akan tetapi mode yang berulang ini selalu diikuti oleh semua orang yang ada di belahan bumi ini, tanpa terkecuali apalagi wanita.

Kecenderungan manusia untuk tampil selalu rapi, bersih, dan menarik sampai kapanpun akan menjadi alasan yang logis untuk kita membelanjakan uang demi gaya dalam berpakaian. nah, dari trend yang berlaku inilah pentingnya ketrampilan menjahit yang tidak bisa kita sepelekan begitu saja.

Berikut adalah 5 keuntungan menguasai ketrampilan menjahit:

1. Lebih percaya diri

Salah satu cara untuk mencapai kepercayaan diri adalah dengan berpenampilan rapi, serasi,  dan tepat.  Baik waktu ataupun tempat. Jadi hubungan antara keterampilan menjahit dan kepercayaan diri bisa didapatkan. Apabila kita bisa menjahit sendiri baju yang kita kenakan sudah pasti akan menarik dan cocok saat kita kenakan. Perasaan nyaman itulah yang akhirnya membuat diri kita lebih percaya diri. Dengan menjahit sendiri ada kepuasan dan pastinya lebih membanggakan.


2. Gaya tetap hemat
Dengan menguasai keterampilan menjahit kita bisa membuat baju kita sendiri juga keluarga. Saat ini harga pakaian tidaklah murah dengan menjahit sendiri kita tinggal membeli bahan dan mengolahnya menjadi busana yang kita inginkan. Hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang lebih murah dibandingkan membeli baju jadi. Dengan keterampilan menjahit tidak mustahil baju bagus ala desainer bisa kita ciptakan sendiri melalui keahlian yang kita miliki. Dengan begitu secara tidak langsung hal ini tentulah sangat menghemat keuangan kita. Dengan perhitungan yang cermat dan  belanja hemat kita bisa menciptakan sebuah busana yang bagus sesuai ukuran dan gaya kita masing-masing. Dijamin pasti lebih hemat.


3. Kreatifitas terasah
Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya. Sesuatu yang berbeda dengan orang lain. Saat kita menguasai keterampilan menjahit, busana yang kita hasilkan bisa berbeda dari orang lain bahkan lebih bernilai tinggi kreativitas seninya. Meskipun hal ini membutuhkan pengetahuan dan pengalaman terutama di bidang fashion. Tapi tidak menutup kemungkinan semua orang bisa melaksanakannya. Melalui usaha yang tekun sering melihat referensi perkembangan mode ditambah lagi lebih sering praktek menjahit dengan model yang berbeda. Hal ini tentu saja akan sangat berarti untuk menambah daya kreativitas yang akan kita miliki.


4. Sumber penghasilan
Semua pasti tahu, kemampuan menjahit dibutuhkan dimana-mana. Baik oleh laki-laki ataupun perempuan mulai anak-anak, dewasa, sampai orang tua membutuhkan penjahit. Maka tidaklah heran kalau keterampilan menjahit dari zaman dulu hingga saat ini masih saja diminati. Tidak sedikit orang yang ingin berpenampilan cantik rapi dan serasi tapi tidak bisa menjahit. Nah disinilah peranan kita untuk mencari penghasilan dari keterampilan menjahit ini. Tidak semua orang menguasai keterampilan menjahit dengan baik bahkan beberapa orang beralasan karena kesibukan tidak sempat untuk membuat bajunya sendiri. Karena itu keterampilan menjahit akan sangat dibutuhkan kan secara tidak langsung hal ini bisa mendatangkan penghasilan kepada kita.
Kita bisa menjual hasil jahitan sendiri baik secara online ataupun offline. Atau bisa juga kita menerima order jahitan dari orang yang membutuhkan. Tidak hanya itu loh kita bisa merger dengan brand yang sudah terkenal untuk mengambil jahitan dari mereka tentu saja dengan kualitas dan ketentuan yang mereka jadikan pedoman.


5. Eksklusif
Kesan mahal eksklusif mewah bisa kita dapatkan melalui busana yang dijahit dengan teknik yang tepat. Disertai pemilihan desain dan warna serta ukuran yang sesuai. Semakin bagus baik kualitas jahitan yang kita hasilkan dapat memberi nilai khusus secara eksklusif pada karya kita.
Busana hasil karya penjahit tergolong pada karya yang eksklusif karena seringkali karya penjahit tidak seperti pakaian ready-to-wear yang banyak tersedia di pasaran. Mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang memakainya. Kekhasan inilah yang menjadikan busana karya penjahit lebih eksklusif.

Nah setelah tahu 5 manfaat menguasai keterampilan menjahit atas, adakah dari kalian yang ingin mulai belajar menjahit. Belajar menjahit bisa dilakukan secara otodidak ataupun melalui lembaga kursus yang ada. Tentu saja masing-masing ada kelemahan dan kelebihannya. Belajar menjahit pada ahlinya tentu saja bisa menghemat waktu dan tenaga kita.


Kalau kalian ingin belajar menjahit jangan ragu segera hubungi admin rumah jahit Afuzu. Kami melayani kursus menjahit secara online ataupun offline dengan datang ke tempat kami. Bagi kalian yang ingin mengenal kami lebih dekat silakan datang untuk mendapatkan info lebih lanjut jangan lupa kami hanya buka sesuai perjanjian atau by appointment only. More info tentang kursus menjahit bisa di wa.me/6287703258343

4
Rumah Jahit Afuzu

ditulis oleh

Rumah Jahit Afuzu

I'm not a master, but an ordinary people who loves sew, donut and chocolate